Baby Blues

March 17, 2018

Kalo gak hamil lalu melahirkan dan ngerasain sendiri pasti gue gak tau apa itu baby blues
 
Trigger tulisan ini karena gue lagi baca Webtoon Dr. Frost, di sana dibahas seorang ibu yang mengidap postpartum depression, jadi anaknya dikasih obat tidur, ditinggal di bak mandi, dimasukin ke dalam lemari baju, bahkan dicubit pahanya sampai memar biru. Gue bacanya langsung ngilu. Di satu sisi marah tapi di sisi lain merasa kasihan karena gue tau jungkir baliknya jadi ibu baru.

Ada yang bener bener gak mau pegang anaknya sampai usianya 6 bulan bahkan ada yang berniat lempar anaknya dari balkon apartemen. Oh man!

Baby blues gue gimana? Gak parah kayak mereka mereka alhamdulillah tapi ya lumayan bikin lelah. Bayangin aja, badan masih pemulihan pasca melahirkan, jalan aja susah lalu ada bayi merah tidak berdosa yang nangis terus terusan, bangun pas orang orang tidur dan gak tidur tidur walau tangan udah keram kesemutan.

Terus waktu bayi tidur gue ngapain? Ya makan ya bebenah, pas mau ikutan tidur bayinya bangun. Gitu terus sampai usianya 3 bulan. Jam tidur bayi masih ngawur apalagi induknya, sehari kadang tidur 2 jam kadang gak tidur sama sekali.

Dua minggu setelah tubuh membiasakan jam biologis baru, baby blues gue menghilang begitu saja. Bayi ngajak begadang hayu, begitu bayi tidur guenya tidur dulu, kalo bangun baru disambi makan beberes dan lain lain.

Padahal suami dan keluarga banyak yang bantu waktu awal awal ngurus bayi tapi tetep aja rasanya lelah dan ya ampun ternyata ngurus bayi lebih susah dari pas hamilnya!

Tapi alhamdulillah baby blues gue gak sampai nyakitin Kai atau diri gue sendiri, gue cuma perlu nangis sesenggukan terus dipeluk terus udah ha ha ha.

Ternyata nyiapin mental untuk proses persalinan itu penting banget karena melahirkan seorang anak manusia bagaimanapun caranya akan mengguncang jiwa dan raga. Minta bantuan kerabat, tetangga atau suami kalo kalian merasa kewalahan, jangan sungkan minta tolong karena hei suami juga perlu ikut bantu ngurus anak loh, bikin berdua ngurus berdua dong ah.

Kalo pas hamil ibu disayang sayang habis melahirkan jangan dilupakan begitu saja. Perjalanan panjang baru dimulai dan suami suportif adalah sebenar benarnya kepala rumah tangga.

Terima kasih appa.

You Might Also Like

0 komentar