Salam Kenal, Tantrum

March 13, 2018

Begitu usia Kai pas satu tahun entah bagaimana ia menjelma jadi individu yang berbeda. Kai bukan bayi lagi. Dia tahu apa yang dia mau, dia tahu kalo dia dibohongi dan dia gak mau.

Kai udah bisa minta sesuatu, entah makanan, barang atau apapunlah. Selama itu gak bahaya kami gak pernah larang, kayak ngaduk ngaduk ketoprak appa pas lagi makan, nyapu nasi yang berserakan pakai tangan, minta jeruk anget di plastik, minta dituntun kesana kesini, kami hayo aja.

Tapi kalo dia minta yang aneh aneh kayak gigitin kabel gitu kami pasti larang dong dan di sanalah jurus tantrum beraksi. Fase awal dia mulai nangis pake adegan sujud terus tengkurap gitu *ini visualnya kebayang gak sih* tapi nangisnya suara pelan kayak merintih doang. Makin ke sini tantrumnya lucu lagi, kalo pas posisi berdiri dia yang ajrut ajrut sambil nangis *bahasa indonesianya apa sih?! Doh!* malah kadang teriak melengking yang histeris banget sampe mukanya merah *ini biasanya kalo dia ngantuk minta mimi*

Belakangan beda lagi, kalo habis mandi diangkat tapi dia masih mau main air dia terus yang gigit lengan gue gemes gitu. Kan giginya udah 4 atas bawah, sakit dong ya? Langsunglah gue bilangin

Kai kenapa gigit ibu? Kai marah? Kai boleh marah tapi gak boleh gigit, kalo gigit ibu nanti ibu sakit kalo ibu sakit nanti ibu sedih.

Panjang ya? Macem paham aja tuh anak. Tapi gue dari awal emang gak mau sebut anak nakal kayak

Kai kok nakal gigit gigit ibu

Lah mana dia tau gigit gigit itu nakal, kan orang tua yang ngelabelin nakal mereka cuma menyampaikan emosi kok. Jadi ya gue pilih menjelaskan panjang lebar segala hal. Sambil nambah kosakata sambil bikin pengertian. Terus kalo dia masih marah juga biasanya gue alihkan perhatian biar dia lupa, kayak


Ayo jalan jalan cari kucing, tadi cicaknya ada dimana ya? Kai mau buah gak? Mau kue?

Masih gampang deh mengatasi tantrum di bulan pertama. Gak tau ya kalo makin dewasa tantrumnya tambah bahaya kayak guling guling di mall minta sesuatu. Hahaha apakah akan ada ceritanya?

Oh jadi inget, terakhir kali gue ajak Kai ke toko mainan untuk beli hadiah, dia seneng banget pengen pegang segala hal dan mulai teriak kegirangan tapi karena barangnya gak mungkin Kai pegang nanti ibu appa tekor jadi gue cuma ajak ngobrol aja, misal dia tunjuk bus tayo

Wah iya itu tayo, warnanya apa Kai? Besar ya? Ada berapa tayonya?
 

Begitu terus ditiap barang yang dia tunjuk dan anaknya jadi diem kayak mencerna kata kata yang gue ucapkan *parenting win*

So far masih bisa dibilangin sih kalo lagi tantrum tapi sebisa mungkin gue juga menghindari hal hal yang bikin dia tantrum. Tantrum bakal hilang kok seiring anak dewasa tapi harus dibarengi juga dengan bagaimana penyaluran emosi yang tepat biar gak merugikan si anak dan orang lain.

Achievement Unlocked: Menghadapi toddler di bulan pertama

You Might Also Like

0 komentar